JEONJU, KOTA TERFAVORIT SEJAUH INI

3:24 AM

Hal yang paling seru dari traveling ke luar negri tanpa tour adalah getting lost in a new place. Karna sebelumnya aku udah pernah explore Busan dan Seoul, rasanya trip bulan Oktober kemarin ingin tambah satu kota baru lagi buat di explore. Setelah banyak research yang paling banyak diminati tourist adalah Jeonju atau Gyeongju dan keduanya cukup dekat dengan Busan tapi beda arah yang satu di barat dan yang satu di timur jadi harus pilih salah satu. Setelah gagal ke Jeonju tahun lalu akhirnya aku putusin untuk ke Jeonju aja. Bedanya setau ku Jeonju lebih ke tempat yang touristic banget buat foto-foto, jadi kotanya kecil banget bisa di explore satu hari aja jadi biasa orang pulang pergi kesana dan yang paling terkenal adalah Hanok Village nya yaitu rumah traditional Korea yang juga ada di Seoul sebetulnya, tapi entah kenapa aku lebih tertarik Hanok Village di Jeonju dari pada di Seoul, bahkan aku lihat orang-orang Korea sendiri banyak yang jalan-jalan kesana. Sedangkan Gyeongju dia lebih ke kota yang banyak sejarah-sejarahnya dan lebih ke alam sih sepertinya, keduanya juga ada shrine dan bisa di explore sehari cukup dan bisa dengan jalan kaki aja.
Karna aku traveling dengan mama ku yang cukup berumur, jadi aku putuskan untuk nginap disana jadi tidak terburu-buru jalan-jalannya. Dan karna terkenal dengan traditional korea, jadi disana banyakan hotel menggunakan futon yaitu kasur tradisional yg di lantai itu loh kaya matras. Aku sendiri pernah coba tidur di futon dan ga nyenyak banget, jadi aku cari hotel yang pakai kasur dengan budget oke dan privet. Dapatlah hotel 24 Guesthouse Jeonju dengan kisaran harga 400.000 per night. 

Dari Busan ke Jeonju naik bus dengan harga 24.900 won tergantung kelas bus nya, sekitar 3 jam dan kita sampai sudah malam. Dari stasiun bus ke hotel harus naik taksi karna gak kaya di seoul atau busan bus disana acakadul kaya di indo hehehe unpredictable menurutku. Naik taksi pun murah cuma 4000 won aja jadi sama aja kaya naik bus kurang lebih, karna kotanya pun kecil jadi cuma 10 menit sampai.

Besoknya kita sarapan (Baca JugaREVIEW HOTEL 24 GUESTHOUSE JEONJU) dan langsung berangkat ke hanok vilage jalan kaki sekitar 15 menit. Dalam perjalanan kita ketemu jalan-jalan yang temanya kaya korea jama dulu, unik banget dan jalanannya sepi ga banyak orang jalan
Sampe di Hanok Village sudah mulai banyak rental Hanbok dan banyak juga orang-orang yang pakai hanbok jalan-jalan disana. Rasanya kaya lagi jalan di themed park korean town! memang aku udah rencanain kalau kita bakal sewa hanbok dan sempet galau mau beli voucher online atau langsung sewa, karna kata temenku di jeonju harganya jauh lebih murah dari pada di seoul. Akhirnya coba iseng2 tanya sama rental hanbok yang kecil gitu dia bilang 25.000 won untuk 2 jam. tapi aku tawar jadi 20.000 gabisa, akhirnya di kasih 15.000 untuk 1,5 jam mungkin karna lagi ga high seasons juga jadi di kasih. tapi karna cuma 1,5 jam jadi buru2 banget foto2nya capeee. ohya itu udah termasuk hair peace, mereka pinter banget bikin hairpeace yang cantik dan ditambah hanbok modern yang warnanya cantik-cantik jadi berasa cantik banget deeeeh, kalau mau pakai tas tambar 3.000 won kalau ga salah, jadi kita ambil satu tas aja buat gantian, barang2 kita dititip disana, cuma barang penting aja yang di bawa. 
Selesai pakai hanbok udah abis tenaga, nyeselnya ga cukup banyak foto di Katedral Jeonju tapi kalau kesana lagi kejauhan kasihan mamaku, akhirnya kita putusin pulang tapi makan dulu. Makanan di Jeonju itu mahal apalagi streetfoodnya menurutku susah cari makanan lokal yang murah. Nah jadi aku udah research makanan-makanan lokal yang murah, tapi penasaran banget sama Hanjongsik di Jeonju, karna bagian Provinsi Jeolla ini terkenal sama makanannya yang enak. setelah cari-cari dan nonton review makanan dari food youtuber korea ketemulah satu resto yaitu di 'Hangug Sigtang' atau artinya restaurant Korea. Disana ada menu hanjongsig 8000 won per orang, dan akan di bawakan banyak sekali lauh di meja kita ala raja. seru banget dan tempatnya juga nyaman cocok buat kita yang butuh istirahat. Dan mamaku seneng juga karna experincenya dapet, harga dan tempat so worth it.
Habis itu kita jalan dikit ketemu pertokoan ala-ala Myeongdongnya jeonju gitu, tapi ga seramai jeonju lebih ke pertokoan buat orang lokal dan sempet searching juga street food murah di jeonju yaitu sate pig's heart 1000 won dapet 3 tusuk the cheapest food you could ask for in here hahahahha ini jajanan anak sekolahan di jeonju dan antri loooh nyesel cuma beli 3 tusuk. Puter-puter disana ga kerasa udah gelap dan capek bangeeet mau cari taksi susah mau naik bus lebih susah lagi akhirnya jalan kaki cukup jauh dan sampe deh ke guesthosue.
Besoknya karna mama masih belom puas akhirnya kita jalan sekali lagi untuk liat Hanok Village dari atas, tapi kok ga seindah di foto-foto ya, entahlah kayanya kita salah angle tapi still so much fun!
Menurutku Jeonju seru banget untuk di explore santai sambil jalan kaki, dan kalau ke Korea udah pasti aku mau balik ke sana lagi karna di kota kecil itu masih banyak yang bisa di lakuin, disana juga ada pasar malamnya yang selalu ramai!

You Might Also Like

0 comments

Thankyou for read whole of my mind, pls leave any comment or anything:)