NONTON PERTANDINGAN BASEBALL DI KOREA

2:51 AM



nonton baseball di lapangan baseball!! karna di Indonesia olahraga baseball ga seserius di negara lain, jadi awalnya pas diajak temen koreaku buat kesana aku aga ragu, tapi karna katanya seru banget jadi aku putuskan untuk ikut. Korea itu terkenal dengan baseballnya dan setiap tahun mereka ada match di kandang mereka masing-masing, aku nonton di Busan Sajik Baseball Stadium. Kebetulan waktu aku nonton ini adalah babak final dan match terakhir tim Lotte Giants (nama tim baseball busan), setiap kota punya tim baseball masing-masing dan stadiumnya juga.

H-1
Hari sabtu kita ketemu dengan eonni J kita makan tteokboki dan kimbab pedes dan cobain karaokeroom atau norebang 노래방. Lalu lanjut ke suatu bukit deket sana buat liat view malem, kalau di bali kita punya pantai yang deket rumah, kalau di busan mereka punya gunung yang deket rumah ahahhahah literelly bisa iseng2 malem2 ke gunung buat liat pemandangan setengah jam terus balik.


Ditutup dengan ke lotte mart belanja snack buat besok nonton baseball match! ohya Eonni J adalah karyawan yang kerja di kantor disabled center tempataku kerja waktu volunteer, kita paling akrab sama dia dan sering jalan bareng bahkan awal tahun 2020 ini dia baru aja honeymoon ke bali ketemu aku, super luv!



D-DAY
Karna acara baseball mulai jam 2 dan kita janjian jam 1, jadi paginya aku ke gereja dulu deket rumah, sayangnya di deket rumahku gaada misa dengan bahasa inggris, jadi hanya misa by desire aja karna ga ngerti juga romonya ngomong apa hehe.. Selesai ibadah di pintu keluar ada kopi gratis untuk umat, jadi aku ngopi dulu bentar, lumayan yakhaaan


Lalu sampai lah di Sajik Baseball Stadium guys! ketemu sama vounteermate aku, Eonni J dan sepupunya, lalu kita masuk ke stadium langsung karna sudah beli tiket online. Tempat duduk disana free seating gaada nomornya, tapi ada kelasnya. Yang standart harganya 10.000 won dan yang rame yang ada cheerleader nya yaitu 14.500 won atau sekitar 175rb rupiah.  Selain per kelas harganya juga tergantung umur, team yang main dan tanggal.



Sebelum acara mulai mereka nyanyiin lagu kebangsaan Korea dulu, dan mulai perkenalan pemain dari masing-masing team. Disclaimer: aku ga ngerti apa-apa tentang baseball, tapi ini adalah salah satu highlight experience aku selama volunteer karna seru banget ternyata! 


Nah pas game sudah mulai baru pelan-pelan cheerleadernya mulai nyanyi, dan kita penontonnya juga ikut nyanyi hahahahhaa tentunya ini cheerleadernya Giants jadi setiap pemain punya lagunya sendiri-sendiri dan setiap mereka giliran mukul lagu2 itu di pimpin sama cheerleadernya. Lagu-lagunya liriknya cuma nama pemainnya sama penyemangat2 yang lucu2 ada gerakannya juga! Kata eonni J penyanyi cheerleadernya (yang cowo itu) terkenal dan ganteng karna setiap match pasti dia cheerleadernya.


Eonni J bawa Beondagi (번데기) atau pupa ulat sutera guys... dia suka banget katanya mamanya yang buat itu kaya di sangrai lalu dikasi cabe kering gitu. Aku cobain sih tapi gak suka rasanya aneh karna kebanyang uletnya dan rasa krispinya yang aneh. Nah karna tempat duduknya sempit jadi semua barang bawaan di taro di kaki, liat kekacauan di bawah kaki kita lol hahahahaha


Lalu di tengah acara ada hiburan untuk penonton, kaya mereka bagi-bagi voucher dengan kamera kiss atau dancing yang paling gila gitu secara random. Kebetulan aku ketangkep kamera dan sepupu eonni J rekam hahahahha belakang kita lagi gonjang ganjing ngedance biar menang, lumayan hadiahnya voucher nginep di hotel dll. Apalagi kiss cam juga kocak banget yg di shoot itu opa oma atau ga om tante dan mereka lucu-lucu.
Waktu udah hampir selesai, team Lotte ada yang bagiin plastik kresek merah buat sampah, tapi orang korea biasanya jadiin aksesoris dulu buat seru-seruan. Ada yang jadiin pita kepala dan ada yang kaya kita gitu hahahah serius ini keliatan normal kalo di baseball stadium aja kalo diluar pake ginian dikira orang gila kali.


Eonni J sempet-sempetnya bawa kostum Giants hahahhaha buat foto2 katanya. Nah selesai game biasanya para fan-fans pemain bikin barisan di luar gedung buar sambut pemain-pemainnya yang keluar. Mereka ada yang bawa permen2 juga buat dibagiin ke anak-anak. Ada juga yang kasih ttd, mereka para fans udah siapin spidol dan baju yang mau di ttd wah super heboh banget pokoknya.


Super seru banget! super rekomen, ga nyesel sedikitpun ikut nonton baseball game biarpun abis nonton juga tetep ga ngerti hahahahha tapi yang seru justru cheerleader nya dan nontonin mereka pukul bola sesimple itu aja apa lagi ini first timer. Kalau di tanya mau nonton lagi ga kalau kesana, pasti mau! 
Kegiatan ini super seru terutama kalau pergi sama temen-temen, kalau kalian punya spare banyak waktu sehari untuk nonton baseball bisa klik ini buat jadwal baseball Korea. Ga cuma ada di Busan, di Seoul juga ada nama stadiumnya Jamsil dan ada di kota2 lain juga jadi make sure cek yaa!
Aku ketemu video youtube orang yang komentarnya sama persis sama aku mungkin kamu juga mau nonton Samuel & Audry ini hehehee...
Dan untuk yang mau beli tiket online aku saranin kalian minta bantuan orang lokal karna aku juga belum pernah coba beli, tiket pertandingan mulai di jual h-10 pertandingan, kalian bisa beli OTS tapi lebih aman beli online jadi ga kehabisan, atau bisa cek website ini untuk cara belinya, semoga membantu!

Selesai nonton kita makan bingsu kacang!















You Might Also Like

0 comments

Thankyou for read whole of my mind, pls leave any comment or anything:)