JINJU NAMGANG YUDEUNG FESTIVAL 2019

1:17 AM

Setiap kali mau traveling hal yang paling seru itu adalah bikin itinerarynya, buat aku selalu ada extra excitement pas cari-cari informasi traveling dan buat itinerary sembari menghitung hari sebelum berangkat. salah satu hal yang pasti aku cari adalah festival yang lagi berlangsung di tanggal traveling ku.

Pas traveling ke Korea kemarin sedih banget kalau tanggal liburan aku ternyata ga pas sama fireworks festival di Korea, padahal pengen banget tunjukin itu ke mamaku. Untungnya pas-pasan ada Jinju Lentern Festival ini dan kerennya lagi mereka juga ada fireworks nya! ya biarpun ga sekeren dan selama festival kembang api aslinya. Tepatnya tanggal 13 Oktober yaitu last day dari festival ini ditutup dengan fireworks. Setiap tahun kemungkinan tanggal berubah ada jadi bisa cek di website resminya juga guys.

Untuk ke Jinju butuh waktu 2 jam dari Busan dengan Bus. Dan khusus saat puncak festival bus yang bolak balik jinju-busan itu ada setiap 30 menit jadi jangan khawatir sampai ketinggalan bus. Karna puncak acaranya adalah nonton fireworks yang diadakan sekitar jam 8 jadi kita berangkat aga siang dari Busan.

Sampai di kota Jinju sekitar jam 4 sore, kita langsung ke stasiun bus untuk beli tiket balik lagi ke busan buat nanti malam. Karna tempat turun bus sama stasiun bus balik nanti malam beda tempat jadi kita harus ke stasiunnya dan bus lokal di jinju kurang akurat dan lama jadi kita putuskan jalan kaki aja sekitar setengah jam kurang lebih.

Ohya karna banyak banget bus yang akan berangkat yaitu setiap setengah jam, jadi waktu beli tiket bus kita gabisa tag jam nya cuma lokasinya aja contohnya Jinju-Busan. Setelah tenang punya tiket bus akhirnya kita bisa masuk ke area festival.
Jinju Namgang Yudeung (Lantern) Festival
(진주 남강유등축제)

Jinju Festival diadakan setiap tahun di Jinjuseong Fortress atau benteng Jinjuseong, di pinggir sungai Namgang. Festival biasa berlangsung 10-15 hari dari tanggal 1 Oktober, dan selain banyak lentern setiap harinya mereka ada pertunjukan puncak kaya pertunjukan tari-tarian, musik tradisional, dll yang diisi oleh masyarakat lokal. lampionnya pun berbentuk alat musik tradisional, hewan khas dan pemimpin korea.

Kalau dari sisi sejarahnya, dulu pas Jepang dan Korea perang di Jinjuseong dari thn 1592 - 1598, orang korea dulu memanfaatkan lentern sebagai sarana komunikasi dan sinyal militer di sana, iya di sungai ituu keren ga sih... dan karna byk korban dari perang itu jadi festival ini dijadiin tradisi tahunan disana, juga biar jadi daya tarik budaya di Jinju.

Sebetulnya main attraction festivalnya adalah lorong lampion dan itu dibuat di sebrang bentengnya, jadi kita harus nyebrangi sungainya untuk ke sana dan beli tiket masuk festival dulu.
Jinju Fortress Area

Tiketnya 2000 won/orang untuk once entry, kalau yg full entry setiap hari 5000 won/orang. Abis beli tiket langsung nyebrang deeh. Sebetulnya masuk lewat sebrang sana juga bisa tapi karna kita mau liat kedua sisinya jadi  nyebrang di sungai ajaa ahahhahaha

SO HAPPY WE MADE IT! biarpun kaki cape karna lumayan banyak jalan seharian. Aku sengaja sampe aga sore biar bisa foto di lorong ini selagi terang dan juga gelap. Dan kalau masih sore lebih sepi juga lorongnya. Menurutku juga lebih bagus lightingnya kalau pas sore gini dari pada pas malem karna susah bangeeet dapet foto yang bagus pas malem.
Di sebelahnya lorong lentern juga banyak tenant2 makanan dan souvenir, harga makanan disana cukup pricy jadi kalau mau hemat bisa cari makan dulu sebelum kesini, atau bungkus buat makan disini hehehehe.

Karna wangi banget akhirnya beli satu sate ayam jumbo ini ENAAAK banget, ahahhahaha dia pake daging pada jadi lembut dan gede banget porsinya dan di lumuri saus pedas yang nampol harganya 4000 won.

Ini adalah view pas udah malamnya, pastinya makin indah banget apa lagi kalau dilihat langsung! Sepertinya setiap lentern di lorong lentern itu adalah sumbangan dari orang yang beda-beda karna ada tag namanya gitu dan kalaukalian mau beli lentern kecil bisa juga nanti bisa di lepas di sungainya. Suhu di Jinju lebih dingin dari pada di Busan dan aku cuma bawa kardigan hahahaha kayanya 10 derajat ya aku lupa juga. Ohyaa jadi karna ini hari terakhir festival dan puncak acaranya adalah firework banyak orang yang rebutan kunsi, ada satu bagian yang disediain kursi dengan pemandangan fortress di sebrang gitu tapi kalau mau duduk sampai kembang api keluar berarti harus dijagain bangkunya karna kalau ditinggal entar pasti diambil orang.

Kembang apinya sekitar 15 menit, it was okay but couldn't compare it with the one in fireworks festival. Selesai firework kita langsung cabut jalan ke stasiun bus. Jalanan super duper rame bangeeet banyak polisi yang atur jalan. Di saat seperti ini kalian harus tenang dan jaga barang bawaan. Kemarin aku dan mamaku cukup panik kejar bus takut antriannya udah panjang akhirnya mamaku sempet kesandung dan jatuh:''( sedih banget karna hal yang paling aku hindari di traveling ini terjadi karna keteledoran aku. Kita mau kejar bus jam 9an biar bisa sampe busan sebelum jam 12 dan masih ada transport umum. Eh ternyata sampe stasiun bus antrian masih santai bahkan kalau aku ambil bus selanjutnya pun masih okay. Ini untuk pelajaran kita bersama ya!

Busan - Jinju Bus Schedule:
Kalau kalian gamau terburu2 kalian bisa stay semalam di Jinju jadi bisa sekalian explore disana, tapi harga hotelnya cukup tinggi jadi dengan segala pertimbangan akhirnya aku putusin tetep balik ke busan.
Kalau dari Busan aku naik bus di Dongnae Bus Station dan sampe disana aku diturunin di bus station yang Jinju Bus Terminal. Please note di jinju ada 2 bus terminal yang satu lagi itu Jinju Intercity Bus Terminal yaitu terminal kamu turun pas baru sampe. Tapi pas mau ke Busan kamu ke Jinju Express Bus Terminal. Dan lagi bus di kota jinju ga begitu bisa kedeteksi waktunya ga kaya di busan/seoul. Kalau kamu bingung dgn semua ini, di intercity bus terminal ada tourist information jadi kamu bisa tanya, dan naik taksi biar cepat tapi kalau masih banyak waktu jalan juga deket kok. Make sure juga kamu punya jaringan internet ya karna wifi cannot guarantee you at all di jinjua aku kemarin pakai Alroam.

Jadwal bus dari Dongnae bus terminal, Busan - Jinju

Jadwal bus dari Jinju Express Bus Terminal - Busan
Ingat ya local bus dan train di Busan semua berenti sampai jam 12 malam, sebisa mungkin sampe busan sebelum jam segitu biar ga perlu naik taksi.

Sekian! semoga membantu yaa!