Culture Shock

7:19 AM

Setelah tinggal di Bali hampir setahun, gue udah belajar cukup banyak dan nyoba somethings new lah ya. Kali ini gue mau cerita culture shock gue.... Kalo yang lain culture shocknya di luar negri dan terdengar keren, tapi gausah jauh-jauh gue yang di Bali aja juga ngerasain. Pulau Bali itu adatnya masih kentel banget mereka bener-bener masih ngelakuin segala adat-adatnya dari dulu, beda jauh sama orang Jakarta yang bomat hahahaha.
Tapi karna gue udah bisa berhasil sampe ke titik ini yang jelas gue terima kasih banget sama Tuhan dan nyokap gue tercinta! Kalo Tuhan karna udah berkatin gue kalo nyokap karna udah percayaain anaknya melancong sendirian...sebatang kara...seupil di pulau ini.
Yaak back to the topic, karna gue berhasil keluar dari comfort zone pasti bakal deh nemuin titik dimana udah ngerasain culture shock dimana semuanya beda bahkan ada hal-hal baru. Di Bali itu orang Hindunya mayoritas ya 80% lah ya jadi gue agak minoritas tp itu gak jadi bagian culture shock sih karna gue udah biasa. Nah Selain ngeliat live orang keserupan untuk pertama kalinya, kemaren gue nyobain juga Nyepi di Bali sendirian, yak....sekali lagi.. s e n d r i a n.
Gue sebagai kaum hawa (*gaada hubungannya lol) tau yang namanya hari Nyepi itu orang Bali semuanya pada diem di rumah. Tapi gue ga pernah ngebayangin gimana keadaannya dan gimana rasanya. Rasanya itu hampa eaaa haahhaha joke jk, jadi sehari sebelum nyepi itu orang-orang Hindu di Bali pada bikin Ogoh-Ogoh. Buat kalian yang males search, ogoh-ogoh itu semacam apa ya kaya patung terbuat dari gabus yang di buat sekitar sebulan sebelum nyepi sama warga-warga tiap desa di Bali dan pas D-1 nyepi itu bakal di paradein di arakin secara besar-besaran sekalian di perlombakan gitu. Tapi... ogoh-ogoh itu bakal di 'ISI' dulu sama sesuatu.... ngerti gak? H diisi H.... ga ngerti juga sih sebenernya gue oiya dan bentuknya itu.....:(( sooo scary, bentuknya itu terserah kretifitas orang-orang yang buat, ya bagus sih jadi mengasah kretifitas warga.. ada yang bentuk barong, babi, ya semacam monster2 gitu lah, tapi sedikit lebih delail dan real bentuknya misalnya kukunya beneran dibuat panjang atau matanya merah (kaya mata manusia yg lg merah), dan karna udah trauma sama yang berbau begituan gue bener-bener trauma guys... kalo ngeliat sesuatu yang ber-bau barong langsung takut sendirian. Jadi gue sama sekali gak tertarik nonton begituan. Karna gue cukup introvert jadi gue memutuskan untuk tetep stay di kamar tanpa keluar.

H-1 itu gaada yang berbeda dari hari-hari pertama gue masak-masak bikin Oknomiyaki (recipe comingsoon) sama curry rice hahahaa ya masih bahagia lah hidup gue tidur juga gampang. Nah pas bangun paginya udah gaada suara sama sekali. Kost gue itu di pinggir jalan jadi kalo ada kendaraan lewat kedengeran banget dan gue udah kebiasaan sama itu jadi kalo gaada suara kendaraan jadi sepi banget rasanya. Toko-toko semua tutup dan siaran TV juga mati, oiya Airport juga tutup. Tapi gue masih beraktifitas seperti biasa masih main komputer, masak, dll sampe sore sampe jam 6an lah ya dimana sinar  matahari mulai ilang dan gaada yang nyalain lampu. Kamar kost gue itu ada dapurnya nah dari dulu gue udah sok ide, kalo nyepi nanti gue bisa nyalain lampu dapur jadi gak takut. Dan tiap gue tidur pun gue nyalain lampu dapur, karna gue gabisa tidur sendiri dlm kegelapan. Akhirnya end-up gue tutup jendela dapur gue rapet2 dan tetep nyalain lampu dapur, biarpun agak gelap tapi okelah ya gue masih santai sambil main laptop sampe kurang lebih jam 20.00 ada kaya suara oang masuk kost gue gitu (PS. orang bersin aja satu kost bakal kedengeran karna sunyi banget), awalnya gue biasa aja.. alah paling anak kamar bawah. Terus tiba-tiba lampu kost gue mati jadi bener-bener gelap gurita, gue sih selow karna kamar gue itu kamar yang listriknya pisah sendiri jadi gue keluar kamar buat nyalain lagi meteran listriknya (Ternyata listrik satu kost dimatiin lol). Trs gue tiduran deh sambil main laptop lagi, kaya 2 menit kemudian ada suara orang berisik gitu naik sambil bawa senter lewatin kamar gue trs tiba-tiba gedor-gedor kamar gue. Ternyata it adalah Pecalang saudara-saudara...

Pecalang = Polisi Tradisional / security tradisional, yang kadang orang-orangnya itu masyarakat sekitar yang shift nya ganti2an.

Gini percakapan gue
Pecalang A: UDAH DIMATIIN DINYALAIN LAGI! (*langsung buka gagang pintu gue kenceng bgt tp karna gue kunci jadi gabisa) 
Pecalang A: HEI! (*matiin meteran listrik gue) (*gedor-gedor)
Gue: (*buka pintu)
Pecalang A: NGAPAIN LAMPUNYA DINYALAIN?!! Ga tau apa peraturaturannya lampu gaboleh nyala?!
Gue: hah engga pak, ini lampu dapur yang nyala... (masih setengah sadar)
Pecalang A: MATIIN! MAU SAYA BAWA KE POS??! kalo mau nyalain kipas/AC silahkan tapi lampunya matiin
Gue: oh iya pak..ini saya mau nyalain AC tapi ya......(suara hari: minta maaf ga ya.. mmmm aaaah)
Pecalang B: Itu semua matiin, gaboleh ada cahaya sedikitpun. (PS: pecalang B ini masih kecil gitu keliatannya ya anak kelas 3SMP lah ya, dia mungkin partnernya si bapak galak itu)
Gue: (gak jadi minta maaf) iya.....
Pecalang A: (*Pergi duluan sambil nyalain meteran listrik gue)
Gue: (*tutup pintu) (masih shock)

Begitu kira-kira percakapannya, dan habis itu kamar gue gelap segelap-gelapnya, laptop gue yang gue nyalain sambil di charge mati juga. Dan kamar gue masih shock dan malu banget, sambil nyalain lampu hp. temen gue yang di kamar bawah langsung line dan nelpon gue, Dia takut gue di apa-apain sama si pecalang hahahahha... dan ternyata mereka ber 4 di bawah...
Kata temen gue yang orang Bali, kalo kita ketauan nyalain lampu nanti didenda atauga besoknya disuruh ikut bersih-bersih terus kalo ketauan bepergian nanti dibawa ke pos dan gaboleh pulang sampe ortu lo nyariin lo, keculi kalo bawa duit buat nyogok hahahaha. Dan untungnya gue ga kenapa-kenapa.
Nah mulailah gue melewati 10 jam gue tanpa lampu-sendirian. Tadinya gue pengen ikutan ke bawah ngumpul sama temen gue tapi gue takut turun dan nanti harus naik dan tidur di kamar gue karna disana gacukup tidur ber5. Jadi gue males.... dan gue coba suruh salah satu temen gue yang naik temenini gue, tadinya udah oke tapi gue di php-in:'(
akhirnya gue nyalian laptop gue lagi trs nyalain lagu, telpon cici gue, line semua orang. Hahahaha lebay sih kedengerannya tapi asli.. jadi parno sendiri :( gelap gaada suara dan jadi linglung sendiri.
setengah jam kemudian tiba-tiba ada suara orang masuk kost lagi dan...listriknya dimatiin lagi!! YATUHAN laptop gue yang gue nyalain sambil gue charge mati lagi!! sebelnya si pake banget bos-_- gue langsung chat temen gue yang di bawah, dan beberapa menit kemudian gue nyalain listrik gue lagi. Terus akhirnya gue coba nonton runningman dapet sih 1 eps dan masih jam 10, rasanya jam lama banget jalannya gue pengen nyoba-nyoba tidur dan gabisa sama sekali. Pokoknya gue ngelakuin apapun buat ngabisin waktu. Dan ternyata lampu baru boleh nyala jam 6 pagi besoknya gilaaaa, jam setengah satu gue coba tidur sambil nyalain lagu, tapi bener-bener gabisa tidur, gue tutup mata sampe jam setengah 3 tetep dah gabisa tidur lol. Langsung rasanya pengen pulang banget, home sick nih gue home sich keras! Tapi ahirnya sih ketiduran juga dan bangun-bangun udah ada suara kendaraan rasanya langsung tenang. 

Mungkin buat lo lo orang yang suka nonton walking death atau semacamnya boleh coba sekalian juga liat langit bali, cek-cek siapa tau liat api terbang hahahahaha
Gitu aja sih cerita gue, yang biasanya ga pernah peduli sama nyepi bahkan ke mol pas lg nyepi, sekarang udah tau dan pernah ngerasain deh hehee, cuma sekedar sharing karna gaada kerjaan aja no offends at all. Bali tetap terlalu indah untuk ditinggalkan #azikcarmukbgt hahahhahaha, 
Peace out, xoxo❤️



You Might Also Like

0 comments

Thankyou for read whole of my mind, pls leave any comment or anything:)