Myanmar Trip: OH MY BUDHA

10:43 PM

(post yang udah berdebu di draft dari tahun lalu, di pending karna males masukin foto hahahahha)
Sekalipun gak pernah terlintas di otak gue buat pergi ke Myanmar, sekali pun... sampe suatu hari lagi liat2 foto traveling nemu foto hot air balloon tapi kok pemandangannya tample gitu, gue cari tau dan ternyata itu di Myanmar! so close yet so far...  akhirnya cek cek tiket buatlah rencana trip ke Thailand tp mampir ke Myanmar dulu dengan cost 4jt-an. hmmm.... untungnya Tuhan kasih pencerahan buat pake Air Asia Asean Pass! Jadilah trip yang ulala itu!

Jadi flight ke Myanmar ini sekitar jam 8 an dari Kuala Lumpur dan dengan budget backpack kita yang hemat uang dan waktu akhirnya kita putuskan untuk stay di airport KL aja malamnya. dari jam 11 malam kita udah di bandara KL rencananya sih mau tidur tp ngobrol ngalor ngidul aja tiba2 udah jam 2 dan adalah acara swande yang gak tahan pengen keramas akhirnya dikeramasin di wastafel toilet dan ternyata sekitar jam 5 udah bisa masuk ke gate,  akhirnya kita cuma dapet tidur satu jam-an di gate hahahahaha
Naik pesawat pake neckpillow dan langsung kita bertiga hilang a.k.a tidur nyenyak tentunya dengan perbekalan antimo sebagai pil ajaib kita. Sekitar 2,5 jam terbang akhirnya kita sampai di ibu kota Myanmar, Yangon! Liat kebawah pas mau landing landscapenya keren banget sih ternyata ini Myanmar..... dan Puji Tuhan cuaranya cerah bangeeet.
Airportnya bagus! lebih bagus dari Thailand tapi ga sebagus Bali,  at lease ber AC bersih dan cukup besar, cukup keliatan elit kok. Pertama keluar kita tuker duit dulu karna susah cari Kyat di Indo jadi kita harus tuker ke USD dulu baru tuker ke Kyat disana, pas keluar dr ambil bagasi pun kita langsung ketemu money changer dan kalian bisa pilih yang paling murah menurut kalian. Lalu kita beli kartu provider dan cari taksi! Nah utk kartu provider cuma ada dua pilihan ini dengan penawaran yang ga jauh beda, kita pilih yang Telenor kalau ga salah 80rb rupiah itu dapet 3/4 gb gitu lupa aku. Oiya selama traveling ini kita bertiga bawa 1 hp spare untuk dijadiin wifi portable hehehe jadi kita pake uang kas bareng2 untuk beli paket dan share ber3, lumayan hemat bangeet tp jeleknya ya kalo kepisah gabisa pake sinyal wifi itu buat cari temen kamu. Next harus cari taksi untuk beli tiket bus ke Bagan. Nah untuk taksi ada 2 pilihan yaitu taksi airport seharga 6000 kyat atau taksi bapak2 yg nawar2in sambil ikutin kita. Emang annoying mereka tapi bisa ditawar. Akhrinya kita pun dapet 5000 kyat dari pak Thun-Thun untuk ke stasiun bus dan kita pilih taksi lokal biar semisalnya mau kemana-kemana lagi kita bisa pakai dia.

Setelah baca banyak review tentang bus yang bagus dan terpercaya dari Yangon ke Bagan banyak banget yang rekomen JJ Express (harga: 23.000 kyat), so kita minta dibawa kesana. Tapi supirnya bilang udah abis jam segini pasti JJ Express meningan ke tempat lain katanya dia ada kenalan bus juga yang bagus kaya JJ Express. Tapi karna kita ragu jadi kita tetep minta di bawa ke JJ Express dulu. Itu sekitar jam 11an dan kita mau ambil bus malam biar bisa tidur di dalam bus. Dan sampe di JJ Express beneran dong abis, jadi kita akhirnya ke tempat ayng sopir itu bilang ahhahaha dan harganya jauh lebih murah! kita dikasih air sebotol dan seperangkat alat gosok gigi. Bus nya bus pariwisata biasa di dalam bus itu dingin banget untung mereka kasih selimut tiap seatnya. Tapi ku lupa nama busnya... dan harganya sedikit lebih mahal, jadwal busnya sendiri itu kebangakan cuma ada jam 10, jam 3, dan jam 7 tergantung perusahaan busnya.. tapi tetep rekomen naik JJ Express.
Akhirnya kita ambil yang biasa dan pulangnya baru yang VIP hhahaha biar bisa cobain semuanya. oiya biar aman jadi kita langsung beli tiket PP di bus itu. Nah kalau dalam keadaan kaya gini paling asik itu minum antimo jadi kita tidurnya gabakal ke bangun2 dan merasa nyaman, untungnya aku tipe orang yang suka tidur di bus atau kereta jadi bisa tetep enjoy.

Perjalanan Yangon-Bagan itu sekitar 8 jam, kita berangakat jam 7 dan bakal sampe jam 5an, tentunya kita udah tanya ke pegawai bus bahwa kita mau liat sunrise jadi harus kesampean. Selesai kita pesen semua urusan tiket bus, kita masih ada waktu muter2 Yangon sampe jam 6 sore tapi kita bener-bener buta sama myanmar jadi kita coba tanya ke taxi driver kalo bawa kita ke tample2 terdekat berapa, surprisingly dia minta sekitar Rp. 80.000 per jamnya MAHAL GILA hahhhahaha. ofcourse kita tolak dan kita minta di turunin ke tample terdekat aja, yang which is kita pun gatau itu dimana. Terus diturunin lah kita di suatu tample jam 1 siang super panas, udah gitu kita gaboleh pake alas kaki masuk ke tamplenya dan kita ber-3 pake sepatu lengkap jadi pr banget hahahahha. Abis liat-liat tample itu kita coba cari jajanan dideket sana. jadi suasana Yangon ini bener-bener semerautan dan berdebu, nah cuma ada stand-stand emperan gitu. Ya kita sebagai orang indo yang cukup familiar ga kaget lah, akhirnya kita coba pesen satu. pesen apa? kita juga GATAU.... hahahahahha apapun itu deh bu kita beli ditambah lagi harganya cuma sekitar Rp 5000 hmm jadi kasian sama ibu itu:( tapi berhubung temen gue maag nya udah mau kambuh jadi apa aja bakal dimakan. End up yang keluar adalah bihun something....., yang dibuat dengan bare hands ibu itu gataudeh abis cebokan atau abis buang sampah. tp kita tetep nyobain sih kita, anehnya hambah rasanya, tapi sambil bayangin ibu itu ngaduk mienya pake tangan bikin rasanya jadi makin amburadul!

Abis itu kita coba cari tempat makan yang normal, coba cek2 KFC terdekat sekitar 3 km dari sana cari uber gaada sama sekali di myanmar ahahahha akhirnya tanya abang ojek yang bisa bahasa inggris untuk ke Mall yang ada KFCnya itu bisa ga naik Bus, lo tau bus nya itu kaya kopaja yang gapake AC dengan keadaan panasnya Yangon plus! debu yang bahkan pohon2 di sana duannya bukan ijo tapi gradasi coklat dari debu2 itu. Tapi ternyata ribet banget naik bus jadi si ojek itu saranin buat naik taksi, long short story ojek baik itu stopin taksi buat kita dan bantu nawar karna harganya yang mahal, akhirnya kita dapet harga Rp. 60.000 buat makan KFC di Yangon hahahaha.

Sekalian tidur siang...

Lalu setelah cukup istirahat (karna kita kurang tidur dr airport KL) kita ke supermarket untuk cari perlengkapan perang di Myanmar (Tisu basah, anduk kecil, air minum, roti, dll).Percaya ga percaya selama 3 hari 2 malem di Myanmar kita ga sempet mandi jadi cuma lap lap tisu basah aja hahahah, tp kebetulan gue nyempetin diri buat mandi pas lagi nunggu bis balik ke Yangon di tempat tunggu bus, dan toiletnya bener-bener seadanya kaya diperkampungan. Debu di Yangon maupun Bagan itu gila.... prepare marker atau buff untuk penutupi hidung dr debu. sakin parahnya daun di pohon bukan warna hijau tapi coklat dicover dengan debu ulala. Dan jangan heran kalo mobil disana ugal2an karna rambu lalu lintas sangat minim jadi kalo belok pun pada rebutan jalan.
Akhirnya sekitar jam 7 malam bus kita jalan menuju ke Bagan dengan estimasi sampe jam 5 pagi. Bus biasanya menyediakan minum, gosok gigi dan selimut. Mereka juga akan berenti sekali selama 30mnt untuk makan dan ke toilet. Di bus VIP ada toilet di dalam bus juga dapet tambahan minuman soda dan neck pillow, kursinya juga lebih luas hanya lebih mahal 30rb dr yg economi. Busnya gak full jadi cukup nyaman buat tidur apalagi yang VIP kursinya lebih nyaman dan luas.
Sekitar jam 4.30 kenek bus teriak2 pake bahasa Myanmar, yang kita tangkep sebagai 'Yak kita udah mau sampe ayok siap2' hahahahah..... Dan pas kita turun di ruko2 tempat beli karcis bus juga. Disana udah banyak supipr-supir yang cukup annoying teriak-teriak menawarkan taksi dan delman. Jadi tempat bus stopnya itu di ruko agen busnya, dan kita mau nitip tas backpack kita disana, jadi kita tunggu sampe lumayan sepi baru deh.... rencana awal sewa sepeda, tp karna masih gelap dan super dingin dan katanya temat penyewaan sepeda lumayan jauh jadi kita naik delman aja. Tersisa beberapa supir yang masih disana dan masih teriak-teriak, lalu ada satu orang yang bilang 'i'm so sorry about my friends, talking too loud and bother you' which is ya kita emang merasa terganggu hahahha ternyata dia seorang supir delman namanya Maomao. Karna dia yang paling kelihatan aman dan bisa bahasa inggris akhirnya kita terima tawaran dia. Untuk harganya ga berdeda jauh tp yg pasti naik taksi lebih mahal yaa. Awalnya kita deal utk lihat sunset seharga idr 200rb trs kita mau langsung sewa sepeda utk keliling Bagan. Tapi akhirnya kita putuskan utk sewa delman ini untuk tour bagan seharian dengan harga idr 600rb rupiah. which is jatohnya ya 200rb per orang untuk a day adventure trip buat gue sih totally worth it. Bassicly kita gatau mau kemana aja, biarpun udah tanya Maomao tample apa aja yang bagus tp ya kita serahin aja ke dia.

Untuk masuk ke Bagan kita harus lewat portal dan harus bayar tiket masuk $25 per orang. Tapi kemarin aku ditawarin sama supir Maomao untuk bayar idr 300k in total dan nanti kita akan dibawa lewat shortcut tp shorcut nya ditempuh pake naik taksi kakaknya. Bayangkan masih subuh gelap, kita disuruh turun dari delman dan naik taksi yang disetir sama orang lain yang kita ga kenal, dan jalannya ber kelok-kelok. Gilaaaa campur aduh bangettt hahahahahha demi hemat sekitar $40 akhirnya kita lalui semua itu biarpun pake drama dia lupa shortcutnya di tengah kegelapan. Kita udah siap-siap mau disodomi aja tuh hahahaha, yess semua lancar kita di turunin sopir taksi itu dan ga lama kemudian Maomao datang. ada 2 pagoda yang tidak bisa di masukan karna harus menunjukan tiket masuk portal itu, tapi kita jadi hemat banyak karna itu. Next kita diturunin di salah satu tample yang kita gatau namanya tp kata Mao2 ini yang paling oke karna sepi dan tinggi. Pas kita naik udah lumayan ramai turis2 yang ambil spot duduk
Itu dingin banget sih berasa mau hiking, and every minutes its a worth to see. Karna semakin matahari tinggi semakin terlihat keindahan kota Bagan yang bener-bener keliatan kaya gambar-gambar candi di buku-buku sejarah waktu smp hahahahah. Anyway tujuan kita ke Myanmar itu mau liat hot air baloon, tp kok mata hari udah keluar tapi hot air baloonnya ga muncul-muncul. Kita pun pesimis untuk melihat itu. Tapi ga lama dari itu tiba2 dariarah barat keliatan balon-balon besar yang siap terbang!ya ternyata emang hot air ballon mulai terbang sekitar pukul 7. Dan indahnya pemandangan Bagan ditambah hot air ballon gabisa di ungkapkan... MAGIC! hahahaha tapi kita kesulitan ambil foto. karna semakin rame turisyang datang dan medan yang curam (yes..kita manjat pagoda). Hot air ballon di Bagan cuma terbang sekitar 15mnt jadi kalau liat mereka naik harus siap2 ambil foto. harga naik ballon sekitar $350 dapet sertifikat dan campaign+bfast. Dan setauku cuma terbang bulan Nov-Feb aja tiap tahunnya.
Setelah semua balon udara turun, maka turis-turis termasuk kita pun ikut pergi meninggalkan pagoda untuk lanjut ke tempat berikutnya. Karna kita buta arah dan gatau mau kemana akhirnya kita minta Mao2 utk bawa kita ke pagoda yg recommended dan kita pun gatau dibawa ke pagoda apa aja. Suasana disana benar-benar masih sederhana dan banyak sekali debu, bisa di bilang kaya di buku sejarah. Tempat shopping di Bagan sangat minim jadi kita minta dibawa ke Nyaung-oo traditional market untuk shopping dan liat2 barang2 lucu di pasar. Tapi ternyata itu pasar bener-bener pasar lokal yang jualan sayur dan buah2. Ada sih jual baju beberapa tapi kurang memuaskan hahahaha.
Kita juga sempet minta dibawa ke tempat makan lokal yang murah sama maomao, dibawalah kita ke warung pinggir jalan deket rumahnya. Pesen 3 porsi noodle. Makanan di Myanmar cukup hambar, kurang hygiene (street foodnya) dan kebanyakan penjual makanan tidak bisa bahasa Inggris. Jadi cukup challenging untuk coba streetfood, tp di restoran2 yg sudah bagus kebanyakan bisa bhs ing. Tips: search foto di internet lalu tunujukan ke pelayan resto bakal sangat membantu! maha cari nasi aja susah banget mintanya hahahha.
😿
kemudian ditutup dengan pagoda terakhir untuk lihat sunset, bener-bener magic hour disini pagi dan malem ga kalah cantiknya, kalau kalian punya banyak waktu aku saranin stay lebih lama biar setiap sore dan pagi bisa liat pemandangan secantik ini.
kita diantar ke terminal bus lagi untuk balik ke Yangon sama Maomao. Kita ambil bus VIP yang paling malam yaitu jam 9. Pas sampai di terminal Yangon (7am), kita kira kita langsung dianter ke airport karna ada banyak luggage troller... tapi ternyata di terminal bus... dan banyak banget ada supir taksi yang nawarin kita, karna flight kita ke Thailand jam 11 kita mau langsung ke airport dan mereka pasang harga idr 60rb utk ke airport tapi karna terlalu memaksa akhirnya kita putusin buat kabur ke restoran untuk sarapan. Pesan nasi goreng dan ternyata enak! Setelah itu kita telepon pak Thun-thun utk jemput kita biar aman hehe tapi karna gatau mau suruh dia jemput kita dimana akhirnya kasih telponnya ke pemilik resto buat bilang jemput di resto ituu so praktis (and Thank God we met so many kind people in Myanmar)😄. Habis itu
Over-all Myanmar terutama Bagan cocok banget buat kalian yg suka adventure dan backpacking. Everything is unexpected
Mao-Mao Horse-Taxi driver kita, bisa bahasa inggris lumayan lancar dan sangat friendly

Nama: Mgmg (di baca: Mao-mao)
No Hp: 0925 6558460 (incase u want meet him)
Fav. thing to say: OH MY BUDHA!
Lahir tahun: 1995
Nah ini yang namanya Mao-mao. Dia cuma sekolah sampe smp dan langsung belajar buat ngendarain delman buat cari duit. Menurut kita bahasa Inggris Mao2 itu udah bagus banget dibanding orang Myanmar lain. Dan hebatnya si Maomao ini belajar sendiri dari turis2. Pas kenalan gue bilang nama gue Maria dan selama perjalanan dia ngegodain gue pake nama Maria hahahahha, Dia bener-bener sabar dan menghibur sih. Gak rese dan gak nipu. jadi 600rb itu bener2 worth it sih buat gue. So please call him if you want to go to Bagan.